5 tips sehat mencegah kerusakan gigi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5 tips sehat mencegah kerusakan gigi

Posted September 22, 2009 by mputrakusuma. Filed under Kesehatan umum, Tips sehat.

 

white-teeth-smile
Sikat gigi teratur yuk

Kesehatan gigi adalah penting. Gigi merupakan salah satu primadona penampilan anda. Dapat anda bayangkan kalau kita sedang sakit gigi ? atau gigi anda berlubang?. Ini jelas mengganggu aktifitas kita. Mencegah kerusakan gigi merupakan hal yang tidak mudah. Perlu kesabaran dan ketelitian. Kerusakan gigi sebetulnya dapat kita cegah sedini mungkin. Tentunya banyak cara yang dapat kita lakukan agar gigi anda lebih sehat dan menjadikan penampilan anda lebih berarti.

Berikut ini adalah 5 tips penting dalam mencegah kerusakan gigi anda :

 

  1. Sikat lah gigi secara teratur. Ini jelas dapat mencegah kerusakan gigi. Meskipun hal ini mungkin tampak seperti  menyulitkan, ini salah satu cara yang paling mudah dan cara paling efektif mencegah kerusakan gigi, bau mulut, dan penyakit gusi. Ahli menyarankan Anda menyikat gigi paling sedikit dua kali sehari tentu saja dengan pasta gigi yang sesuai standar ( mengandung flouride ). Sikat gigi harus diganti setiap tiga sampai empat bulan. Teknik menyikat yang benar adalah dengan kuas untuk sekurang-kurangnya dua menit (satu menit di bagian atas dan satu menit di bawah) dalam gerakan berputar, berkonsentrasi pada garis gusi.
  2. Floss ( membersihkan sela-sela gigi ) setidaknya sekali sehari. Flossing menghilangkan plak dan partikel makanan di antara  gigi yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi. Tidak flossing dapat menyebabkan plak  di antara gigi dan juga penyakit gusi, sehingga setiap hari flossing antara semua gigi sangat penting bagi kesehatan gigi.
  3. Periksa gigi anda secara teratur. Kebanyakan dari kita  tidak mengunjungi dokter gigi secara teratur. Entah itu karena mereka tidak merasa seperti mereka membutuhkannya atau karena mereka takut, banyak orang tidak melakukan  check-up minimal sekali setahun. Konsultasi  tahunan ke dokter gigi harus mencakup pembersihan, yang menghilangkan tartar dan plak dari gigi, mencegah kerusakan dan penyakit gusi. Check-up secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah lebih serius dari penyakit pada gigi.
  4. Batasi konsumsi gula dan minuman yang dapat merusak gigi. Gula adalah salah satu pelaku utama di balik kerusakan gigi. Sehingga membatasi cemilan dan minuman manis seperti soda, coklat, permen adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mencegah kerusakan gigi. Batasi juga  minuman seperti kopi dan anggur merah karena dapat menodai gigi. Minuman seperti air putih dan susu serta makanan yang mengandung kalsium yang tinggi sangat baik untuk kesehatan gigi.
  5. Konsumsi  vitamin. Kalsium dan Vitamin C dan D adalah sangat penting bagi kesehatan gigi. Kepadatan tulang mulai menurun saat usia bertambah, sehingga peningkatan kalsium dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang. Vitamin K dan D membantu dalam penyerapan mineral yang membantu kesehatan mulut, gigi, dan gusi. Dapatkan banyak kalsium melalui sayuran berdaun hijau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: