Cara Berhenti Merokok

 

 

 

 

 

 

 

Semua orang tahu bahwa merokok itu sangat merugikan bagi kesehatan. Secara tidak langsung ketika orang merokok, dia tak hanya ‘membunuh’ dirinya sendiri tapi juga sangat merugikan orang lain akibat asap rokok yang dikeluarkan.

Bahaya rokok sebenarnya sudah tertera pada bungkus rokok itu, ‘merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin’, tapi tetap saja orang masih ada orang yang merokok. Mungkin mereka sudah terlanjur mencandu rokok, mulut terasa tak enak jika belum merokok.

Ada yang bilang merokok juga bisa menjadi pintu gerbang narkoba. Bahkan Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Seto Mulyadi menjelaskan, rokok itu sendiri sebenarnya sudah termasuk narkoba karena adanya zat yang adiktif dan sangat beracun di dalamnya.

Pada umumnya pecandu narkoba adalah perokok walaupun tidak semua perokok pecandu narkoba. Dengan rokok ini pulalah orang akan cenderung lebih penasaran dengan narkoba dan pada akhirnya pun mencobanya.

Jika Anda sudah terlanjur sebagai pecandu rokok dan Anda ingin segera berhenti untuk merokok, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk menuju niat mulia Anda :

* Niat dan motivasi yang sungguh-sungguh.
Ya… gimana nggak, semua perbuatan diawali dari ‘nawaytu’ alias niat dulu. Caranya sangat sederhana, buatlah daftar alasan kenapa Anda harus berhenti merokok. Alasan yang sifatnya personal atau emosional biasanya lebih memotivasi daripada alasan yang hanya berdasarkan fakta. Misalnya, ?Aku malu selalu berbau seperti sebatang rokok raksasa di lingkungan kantorku yang bersih,? lebih memotivasi daripada, ?Aku tidak mau kena kanker paru-paru pada usia 40 tahun.?

* Saat Anda dalam proses berusaha meninggalkan kebiasaan merokok, gantilah merk rokok Anda. Jangan hisap rokok merk favorit Anda. Belilah rokok yang menurut Anda tidak enak sehingga kenikmatan yang Anda rasakan saat merokok berkurang. Keadaan ini akan membuat Anda semakin sadar akan kebiasaan merokok Anda dan memperbesar peluang Anda untuk berhasil berhenti merokok.

* Jauhkan semua barang yang berkaitan dengan rokok di rumah dan ruangan kantor Anda, seperti korek api dan pemantik. Selain itu, jangan lagi menyimpan stok rokok.

* Tangan perokok terbiasa memegang rokok dan menaruhnya di bibir, jika tidak melakukannya, serasa ada yang kurang. Coba ganti kebiasaan Anda merokok dengan mengunyah permen, kuaci atau tusuk gigi.

* Perbanyaklah minum air.
Dengan minum air selain Anda akan dibantu melupakan rokok, juga akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan membantu mengeluarkan toksin dan bahan bahan buruk dari tubuh.

* Berolah raga juga membuat Anda melupakan rokok karena asyik berolah raga. Apalagi bila olah raga dilakukan di lingkungan yang banyak ada orang sehingga Anda bisa bergaul juga.

* Beri hadiah pada diri Anda sendiri saat Anda berhasil tidak merokok selama periode tertentu yang Anda tetapkan sendiri. Misalnya, biasanya Anda merokok 2 pak per hari dan tiap pak harganya Rp. 10.000. Jika Anda berhasil tidak merokok selama seminggu, berarti Anda menghemat Rp. 140,000. Gunakan uang itu untuk membeli hadiah bagi diri Anda sendiri.

* Katakan pada sahabat dan keluarga Anda bahwa Anda sedang berusaha berhenti merokok, agar mereka ikut mendukung dan memotivasi usaha Anda ini.

* Anda juga bisa mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.
Sekarang banyak terapi yang dibuat khusus untuk para pecandu rokok. Berhenti merokok memang tak semudah berucap ?Aku mau berhenti merokok!? Apalagi jika Anda berada di lingkungan perokok berat. Modal paling besar yang harus Anda miliki untuk berhenti merokok hanyalah niat dan motivasi yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: